www.cimbniaga.co.id production

Manfaat Cek Mutasi Secara Rutin dan Caranya yang Mudah

 

 
 
 
 

Manfaat Cek Mutasi Secara Rutin dan Caranya yang Mudah

 

Bagi Anda yang baru saja menabung di bank, mungkin masih bingung dengan beberapa istilah yang biasa digunakan di bidang perbankan. Salah satu istilah di perbankan yang sering digunakan oleh nasabah adalah cek mutasi rekening bank. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui mutasi rekening dan peran pentingnya untuk mengetahui kondisi keuangan secara rutin. 

Apa itu Mutasi Rekening Bank?

Mutasi rekening bank adalah sekumpulan catatan atau riwayat dari transaksi yang terjadi di sebuah rekening, bisa berupa aliran dana yang masuk ke rekening maupun dana yang keluar dari rekening tersebut. Saat Anda cek mutasi, nanti akan keluar catatan transaksi yang masuk maupun keluar dari rekening Anda. 

Dengan kata lain, mutasi rekening merupakan salah satu fitur atau layanan yang disediakan oleh pihak bank untuk keperluan para nasabah. Melalui cek mutasi rekening, para nasabah mampu melihat semua riwayat atau catatan yang berhubungan dengan transaksi keuangan yang pernah terjadi pada rekening tabungan yang dimiliki. Mutasi rekening sering juga disebut sebagai rekening koran atau buku tabungan. Cek mutasi tersebut bisa dijadikan sebagai bukti atau data yang diperlukan pada beberapa kegiatan. 

Manfaat Mutasi Rekening

Seperti yang telah disebutkan, mutasi rekening memiliki sejumlah manfaat yang penting bagi nasabah. Berikut ini beberapa manfaat mutasi rekening yang perlu Anda ketahui:

  • Bukti transaksi

    Manfaat pertama adanya fitur mutasi rekening yaitu bisa dijadikan bukti transaksi finansial para nasabah. Hal ini dapat dilakukan untuk meminimalisir setiap kesalahpahaman yang menjadi perselisihan dengan pihak lain. Misalnya saja saat Anda membeli barang secara online dan diwajibkan untuk membayar sejumlah uang, sebagai bukti bahwa Anda telah membayar, maka mutasi bisa dijadikan bukti tersebut. 

  • Syarat pengajuan 

    Manfaat mutasi rekening juga bisa dijadikan sebagai syarat pengajuan, baik itu pengajuan visa atau pengajuan pinjaman tertentu. Biasanya ada beberapa negara yang mengharuskan pendatang dari luar negeri untuk menunjukkan riwayat transaksi selama 3 bulan terakhir sebagai syarat untuk mendapatkan visa. Selain itu, mutasi rekening juga bisa dijadikan sebagai syarat pengajuan kredit atau pinjaman, seperti mengajukan KPR, kredit mobil, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan oleh pihak bank agar bisa menganalisa kondisi keuangan Anda saat ini sebelum menyetujui pinjaman yang diajukan. 

Pentingnya Cek Mutasi Rekening Secara Rutin

Bagi nasabah bank, penting untuk mengecek mutasi rekening secara berkala agar dapat memantau aliran transaksi pada rekening tersebut. Selain itu, ada pula beberapa manfaat cek mutasi rekening secara rutin sebagai berikut:

  • Membantu mengetahui kondisi keuangan

    Dengan mengecek mutasi rekening secara rutin, Anda bisa mengetahui kondisi keuangan dan dapat mengontrolnya dengan baik. Cek mutasi ini bisa Anda lakukan dengan lebih mudah melalui aplikasi mobile banking atau aplikasi pendukung lainnya yang disediakan oleh pihak bank. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol dana yang masuk dan keluar secara berkala sehingga bisa mengetahui kondisi keuangan dengan lebih baik. 

  • Mengatur anggaran lebih baik

    Ingin mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan lebih baik? Saatnya Anda mengecek mutasi secara berkala. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatur anggaran, misalnya dengan membedakan antara rekening tabungan dengan rekening kebutuhan sehari-hari. Namun, jika Anda hanya memiliki satu rekening, Anda bisa memanfaatkan cek mutasi secara rutin sebagai cara untuk mengatur berapa dana yang sudah Anda keluarkan dalam rentang periode yang telah ditentukan. 

  • Mengantisipasi adanya transaksi mencurigakan

    Cek mutasi secara berkala juga dapat membantu Anda untuk menghindari transaksi mencurigakan yang mungkin saja terjadi. Dari riwayat yang muncul di mutasi tersebut, Anda bisa tahu ke mana saja dana yang Anda keluarkan karena di dalamnya tertera nomor rekening tujuan. Jika Anda tidak mengecek mutasi secara berkala, kemungkinan besar Anda tidak tahu riwayat dana yang masuk dan keluar dalam rentang periode tertentu. 

Cara Cek Mutasi 

Untuk mengecek mutasi, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  • Cara Cek Mutasi melalui teller bank

    Ini merupakan cara yang sudah ada sejak dahulu dan masih dipilih oleh sebagian nasabah. Anda bisa mengecek mutasi dengan cara mendatangi Kantor Cabang bank yang bersangkutan. Jika ingin mengecek mutasi dengan cara ini, sebaiknya Anda membawa buku tabungan agar mutasinya bisa dicetak langsung di buku tabungan Anda. 

  • Cara Cek Mutasi melalui ATM

    Biasanya cek mutasi di ATM hanya bisa dilakukan jika Anda ingin melihat 5 transaksi terakhir di rekening. Caranya memang cukup mudah, Anda bisa memasukkan kartu ATM, lalu pilih menu ‘transaksi lainnya’, kemudian pilih menu ‘mutasi rekening’. Nanti akan keluar informasi mengenai mutasi rekening yang muncul di layar ATM. Namun, jika Anda ingin cek mutasi rekening hingga 6 bulan terakhir, cara termudahnya dengan menggunakan aplikasi OCTO Mobile dan OCTO Clicks. 

  • Cara Cek Mutasi atau e-statement tabungan di OCTO Mobile

    Sekarang Anda tidak perlu repot untuk mengecek mutasi rekening CIMB Niaga karena sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan OCTO Mobile. Berikut ini langkah mudah yang bisa Anda lakukan: 

    1. Unduh aplikasi OCTO Mobile by CIMB Niaga di Google Playstore, Apple AppStore, atau AppGallery.
    2. Buka aplikasi OCTO Mobile dan pilih menu ‘rekening saya’.
    3. Kemudian pilih rekening tabungan yang akan dilihat.
    4. Klik menu ‘laporan’ dan pilih periode untuk melihat riwayat transaksi (terdapat transaksi hingga 6 bulan terakhir).
    5. Klik ‘e-mail’ untuk mengirim mutasi rekening ke email terdaftar atau klik ‘unduh’ untuk melihat mutasi dalam format pdf.
    6. Mutasi rekening sudah bisa Anda lihat di handphone. 
  • Cara Cek Mutasi atau e-statement tabungan di OCTO Clicks

    Selain menggunakan OCTO Mobile, Anda juga bisa mengecek mutasi atau e-statement CIMB Niaga menggunakan internet banking OCTO Clicks. Berikut ini langkah mudah yang bisa Anda lakukan:

    1. Akses OCTO Clicks di www.octoclicks.co.id, lalu login dengan memasukkan user ID dan password yang terdaftar.
    2. Setelah login, pilih menu ‘Rekening Saya’ di sebelah kiri.
    3. Kemudian pilih menu ‘rekening tabungan & koran’ dan pilih rekening tabungan yang ingin Anda lihat.
    4. Klik ‘lihat riwayat’ dan pilih periode untuk melihat riwayat transaksi (terdapat transaksi hingga 6 bulan terakhir).
    5. Klik ‘simpan’ di bagian kanan atas untuk mengunduh file dalam bentuk pdf.
    6. Mutasi rekening sudah bisa Anda lihat.

Mengecek mutasi melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks cukup mudah, bukan? Selain memuat informasi mutasi rekening hingga 6 bulan terakhir, OCTO Mobile dan OCTO Clicks memuat informasi lain yang memudahkan para nasabah saat melakukan transaksi keuangan. 

Di OCTO Mobile, Anda bisa memanfaatkan beragam fitur yang lengkap, mulai dari buka rekening secara online dengan cashback menarik, transfer dana, bayar dengan QR Code, top up e-wallet, bayar tagihan kartu kredit, KTA, PLN, tarik dan setor tunai tanpa kartu, investasi, ubah cicilan, top up & voucher, dan lain sebagainya. Selain itu, OCTO Clicks juga menghadirkan berbagai keuntungan yang tak kalah menarik, di antaranya fitur transfer lengkap, top up pulsa, paket data, PLN, dan lainnya, bayar tagihan, bayar e-commerce, buka deposito bunga menarik, reksadana, dan lain-lain. Temukan informasi lengkapnya disini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

Rekening Ponsel

Tarik tunai atau belanja tanpa menggunakan kartu ATM, kartu kredit, ataupun rekening bank kini bukanlah khayalan. Rekening Ponsel CIMB NIAGA memberi Anda keleluasaan untuk menarik uang tunai di Indomaret, Alfamart, dan ATM CIMB NIAGA manapun tanpa kartu ATM.