production

Pengertian Payroll dan Manfaat bagi Perusahaan dan Karyawan

 

 
 
 
 

Pengertian Payroll dan Manfaat bagi Perusahaan dan Karyawan

 

Sebagai pengusaha, segala aspek internal maupun eksternal bisnis harus mendapatkan perhatian khusus agar berjalan dengan optimal. Salah satunya adalah menemukan sistem yang mengurus pembayaran gaji tenaga kerja atau payroll. Menemukan sistem payroll yang tepat dinilai akan memberi kemudahan bagi Anda sebagai seorang pengusaha untuk mengurus pembayaran gaji tenaga kerja secara otomatis dan tepat. Manfaat yang bisa dirasakan dalam menemukan sistem payroll yang tepat tidak hanya terasa kepada Anda sebagai pemilik usaha, tapi tenaga kerja yang berada di bawah naungan perusahaan pun akan bisa mendapatkan manfaat positifnya.

Dalam menemukan sistem payroll yang tepat untuk kebutuhan Anda, mari membahas mengenai pengertian dari payroll itu sendiri. Secara umum, payroll merupakan sebuah sistem administrasi yang mengatur tentang pembayaran gaji di dalam sebuah perusahaan. Sistem administrasi yang terdapat di dalam payroll tidak sekadar mencakup nominal gaji yang perlu diterima oleh para tenaga kerja dalam perusahaan Anda saja. Ada berbagai macam komponen payroll yang perlu Anda ketahui. Berikut selengkapnya.

Komponen payroll

Administrasi yang dilakukan melalui sistem payroll ini juga meliputi perhitungan berbagai komponen lainnya dalam proses pembayaran dan manfaat lain yang berhak diterima oleh para tenaga kerja yang ada di perusahaan Anda. Berikut adalah komponen pembayaran gaji karyawan yang dapat dihitung secara otomatis melalui sistem administrasi tersebut.

  1. Gaji pokok

    Gaji pokok merupakan komponen utama yang perlu mendapatkan perhatian khusus ketika Anda mulai menghitung upah tenaga kerja. Gaji pokok setiap karyawan punya perhitungan nilai yang berbeda-beda sesuai dengan jabatan dan juga tanggung jawab pekerjaan yang diamanahkan. Dengan nilai yang berbeda-beda untuk diterima oleh setiap pekerja, sistem administrasi yang tepat dan otomatis akan memberi kemudahan untuk melakukan perhitungan gaji bersih karyawan berdasarkan gaji pokok sebagai komponen utama.

  2. Tunjangan

    Tunjangan merupakan komponen tetap lain yang perlu dimasukkan ke dalam sistem payroll. Tunjangan punya berbagai macam jenis dan tidak selalu diberikan setiap bulan, seperti tunjangan hari raya. Namun ada juga tunjangan yang sifatnya terhitung dalam hitungan hari kerja, seperti tunjangan absensi dan transport sesuai kebijakan perusahaan Anda. Agar mempermudah pembayaran maka komponen tunjangan pun perlu dimasukkan ke dalam sistem.

  3. Pajak penghasilan

    Di luar perhitungan gaji dan tunjangan, sistem payroll yang tepat juga bisa mempermudah perhitungan potongan pajak dari penghasilan bulanan karyawan. Hal ini menjadi komponen yang penting karena ketentuan pembayaran pajak penghasilan atau Pph 21 ini sudah diatur oleh pemerintah melalui Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-16/PJ/2016. Oleh karena itu, sistem ini yang tepat dapat membantu agar perusahaan dan juga karyawan di dalamnya bisa dengan tenang memenuhi kewajiban membayar pajak.

  4. Potongan Jaminan Sosial dan Kesehatan

    Setiap perusahaan wajib mendaftarkan setiap karyawan yang terdaftar secara resmi untuk mendapatkan jaminan sosial dan kesehatan, baik itu dalam bentuk BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, serta asuransi kesehatan dari penyedia badan usaha swasta. Agar setiap tenaga kerja bisa mendapatkan manfaat yang berhak mereka terima melalui layanan tersebut, maka perusahaan perlu melakukan pemotongan dalam membayar iuran layanan jaminan sosial dan kesehatan yang diberikan. Hadirnya sistem administrasi keuangan ini memudahkan proses pemotongan tersebut jadi otomatis, sehingga setiap bulannya karyawan akan mendapatkan nilai gaji bersih sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan oleh perusahaan dan tenaga kerja.

Dengan skala bisnis yang terus berkembang, besar kemungkinan jumlah karyawan atau tenaga kerja yang dibutuhkan akan semakin meningkat. Dengan pengembangan yang ada sulit rasanya jika Anda dan divisi finance serta human resource department perusahaan untuk melakukan proses administrasi ini secara manual. 

Oleh karena itu, sistem ini memberikan keuntungan agar proses administrasi berjalan dengan cepat dan optimal. Selain itu, sistem payroll juga bisa diintegrasikan dengan rekening perusahaan. Jadi, Anda dan pihak keuangan di kantor tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan pembayaran gaji karyawan setiap bulannya. Kehadiran sistem administrasi secara otomatis ini juga bisa mengurangi elemen human error yang berisiko terjadi dalam urusan bisnis

Manfaat payroll

Setelah memahami segelintir manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk keperluan perusahaan melalui sistem payroll, berikut adalah keuntungan lainnya dari menggunakan sistem payroll yang tepat.

  1. Laporan gaji bulanan

    Manfaat yang pertama mengenai payroll ini tidak hanya bisa dirasakan oleh Anda sebagai pemilik perusahaan, tapi juga kepada setiap karyawan yang bekerja. Dengan sistem administrasi keuangan yang tepat dan otomatis, para tenaga kerja yang bekerja di dalam perusahaan Anda akan mendapatkan laporan gaji bulanan yang tertata rapi dan rinci setiap bulannya. Laporan gaji ini juga membuktikan mengenai transparansi tentang besaran upah yang diterima oleh karyawan setelah mendapatkan detail tunjangan dan potongan BPJS maupun asuransi sesuai dengan peraturan perusahaan.

  2. Penataan data secara otomatis dan aman

    Sistem payroll memungkinan untuk membuat penyimpanan data terkait informasi gaji karyawan secara otomatis. Jika perusahaan Anda masih menggunakan sistem administrasi manual, tentu Anda memahami betapa banyak waktu, kertas, dan sistem penyimpanan yang perlu dipersiapkan setiap waktunya. Hal tersebut tentu memberikan risiko untuk kerugian dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan dengan sistem payroll, semua data bisa ditata secara otomatis dan tersimpan dalam sebuah server khusus dengan keamanan yang terjaga.

  3. Hemat waktu

    Dengan administrasi data yang dilakukan secara otomatis, tentu saja sistem payroll dapat menghemat waktu operasional kerja jadi lebih optimal. Pihak terkait yang mengurus pembayaran gaji karyawan hanya perlu memasukkan data mengenai gaji yang akan diterima setiap bulan maupun per tahun untuk karyawan baru dan akan diperbaharui secara berkala sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan. Dengan sistem administrasi yang dilakukan secara otomatis ini, tentu divisi keuangan di dalam perusahaan Anda bisa lebih fokus untuk mengerjakan aspek krusial lainnya terkait pengembangan dan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu membutuhkan sebuah sistem khusus untuk membantu Anda dalam memastikan payroll berjalan dengan tepat dan optimal. Untuk sistem payroll yang terintegrasi dengan tepat, CIMB Niaga menawarkan BizChannel@CIMB kepada para pelaku usaha untuk memastikan pembayaran gaji bisa berjalan secara optimal dan sesuai rencana. BizChannel@CIMB merupakan layanan internet banking untuk mengoptimalkan kebutuhan bisnis Anda. BizChannel@CIMB dirancang khusus untuk melakukan pengelolaan keuangan dan day-to-day transactions. BizChannel@CIMB juga bisa Anda gunakan pada gawai melalui BizChannel@CIMB Mobile. 

Dengan menggunakan BizChannel@CIMB, Anda akan bisa memberikan manfaat kepada karyawan dalam hal kemudahan pembukaan rekening gaji, bahkan juga layanan KPR dan kartu kredit. Dengan sistem yang terintegrasi dengan baik tentu akan meringankan kerja Anda sebagai pengusaha dan juga divisi HR agar bisa meluangkan fokus besar di elemen bisnis lainnya. Temukan info lengkap mengenai BizChannel@CIMB di sini.

Produk Terkait

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

Tabungan Xtra Payroll

Tabungan yang penuh dengan banyak keuntungan dan senantiasa memudahkan payroll. Gratis biaya tarik tunai dan transfer, dapet pula Poin Xtra yang bikin hari lebih fantastis!

Pembiayaan Supply Chain

Merupakan solusi finansial terbaik untuk mata rantai bisnis Anda dari hulu ke hilir.

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!