www.cimbniaga.co.id production

Memahami Usaha Kecil dan Peluang yang Menguntungkan

 

 
 
 
 

Memahami Usaha Kecil dan Peluang yang Menguntungkan

 

Sebagaimana yang Anda pahami, Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan istilah yang digunakan sebagai kategorisasi untuk usaha di ranah kecil dan menengah. Namun, jika dicerna secara detail, usaha kecil dan juga usaha menengah memiliki perbedaan dan juga karakteristiknya sendiri. Karakteristik tersebut bahkan tercantum dalam Undang Undang No. 20 tahun 2008.

Pengertian usaha kecil

Di dalam Undang Undang tersebut, dijelaskan bahwa usaha kecil adalah sebuah unit usaha atau kegiatan ekonomi produktif yang berdiri sendiri. Aktivitas usaha kecil ini dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang dari bagian usaha menengah atau besar. Dengan kata lain, usaha kecil harus jadi entitas bisnis yang berdiri sendiri tanpa adanya dukungan langsung dari pihak luar. 

Usaha kecil dan menengah dinilai memiliki peran yang cukup penting dan strategis dalam mendukung perkembangan ekonomi secara nasional. Ini karena kehadiran usaha kecil dan menengah juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif.

Kriteria usaha kecil dan menengah

Dalam Undang Undang No. 20 tahun 2008 juga dijelaskan terkait kriteria usaha kecil berdasarkan jumlah kekayaan. Dijelaskan, untuk sebuah usaha dikategorikan sebagai usaha kecil perlu memiliki kekayaan bersih lebih dari 50 juta rupiah hingga maksimal mencapai 500 juta rupiah. Jumlah kekayaan tersebut tidak termasuk dengan hitungan tanah dan bangunan yang dijadikan sebagai tempat usaha. Selain itu, dijelaskan juga tentang penghasilan dari usaha kecil perlu memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari 300 juta rupiah sampai dengan paling banyak mencapai 2,5 milyar rupiah. Jika usaha Anda sudah melewati perhitungan tersebut, maka bisnis Anda tidak lagi masuk ke dalam kategori usaha kecil. 

Demi memberi gambaran jelas tentang kriteria kekayaan di luar usaha kecil, untuk usaha menengah, para pelaku usaha perlu memiliki kekayaan bersih lebih dari 500 juta rupiah sampai dengan paling banyak mencapai 10 milyar rupiah. Kekayaan bersih yang dimiliki oleh pelaku usaha. Jumlah kekayaan tersebut juga tidak ke dalam perhitungan kepemilikan aset yang meliputi tanah dan bangunan tempat usaha. Terkait penghasilannya, sebuah bisnis masuk ke dalam kategori usaha menengah jika memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2,5 milyar rupiah hingga mencapai 50 milyar rupiah. Perlu dipahami, meskipun kriteria tersebut masuk ke dalam Undang Undang, diinformasikan juga bahwa ketetapan yang ada bisa berubah seusai dengan perkembangan perekonomian yang diatur dengan Peraturan Presiden.

Lingkup usaha kecil juga dinilai punya kelebihan yang dapat meningkatkan potensi bisnis jadi lebih berkembang dan menguntungkan. Hal ini didasari oleh sistem atau manajemennya yang cukup sederhana jika dibandingkan usaha menengah maupun besar. Salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah proses mulai usaha yang lebih mudah. Hal ini didasari oleh ketentuan modal yang terbilang minim, sehingga baik pengusaha pemula maupun yang berpengalaman bisa dengan mudah memulai usaha lebih cepat. Namun perlu dipahami dengan modal yang relatif minim, maka Anda perlu mempersiapkan strategi yang benar-benar matang demi meningkatkan potensi keuntungan dalam berbisnis.

Selain modal yang minim, usaha kecil juga dinilai mampu tanggap dalam melahirkan inovasi. Hal ini didasari oleh skala kecil yang biasanya fokus di satu bidang usaha saja. Dengan fokus di satu bidang usaha, Anda sebagai pengusaha jadi lebih cepat dalam mempelajari potensi maupun kendala yang ada. Dengan tanggap berinovasi maka, usaha kecil Anda pun bisa mendapatkan kesempatan berkembang yang lebih pesat juga.

Contoh peluang usaha kecil

Dinilai sebagai salah satu kelompok usaha yang strategis, tidak bisa dipungkiri bahwa usaha kecil dan juga usaha menengah cukup menarik banyak minat dari pelaku usaha. Dengan banyaknya minat, selaras juga dengan semakin terbuka lebar peluang usaha kecil yang ada di Indonesia. Berikut adalah beberapa peluang usaha kecil yang kini tengah dikembangkan di Indonesia.

  1. Agrobisnis

    Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Maka dari menjalankan usaha agrobisnis jadi salah satu peluang usaha yang menarik untuk dijalani. Usaha agrobisnis ini juga bisa diimplementasikan ke dalam skema usaha kecil. Anda bisa mulai membuka lahan perkebunan dengan skala yang lebih kecil. Meskipun berada dalam skala yang lebih kecil, Anda bisa mulai menghadirkan inovasi pada produk yang Anda tawarkan. Salah satunya adalah sayuran dan juga buah-buahan organik yang kini tengah populer di masyarakat. Selain itu budi daya rempah serta penjualan bibit tanaman bisa jadi opsi untuk memulai agrobisnis sebagai usaha kecil pilihan Anda.

  2. Edutech

    Dengan perkembangan teknologi yang pesat, tentu menawarkan kesempatan atau peluang bisnis yang lebar. Salah satunya adalah edutech. Di Indonesia sendiri, edutech masih terbilang sebagai peluang usaha yang baru. Untuk itu, Anda bisa memaksimalkan potensi tersebut ke dalam skema usaha kecil. Selain jadi peluang usaha kecil yang menguntungkan, edutech juga bisa jadi salah satu pendukung demi meningkatkan kualitas generasi muda dengan memberikan akses edukasi yang lebih mudah dijangkau. Bimbel online jadi salah satu produk edutech yang cukup populer saat ini. Namun edutech juga bisa dikembangkan untuk membantu para profesional meningkatkan kemampuan di bidangnya agar lebih kompetitif melalui kursus profesi online atau webinar.

  3. Kuliner

    Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha kecil yang saat ini cukup banyak ditemukan. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan pokok manusia. Selain itu, perkembangan pesat dari bisnis kuliner sebagai usaha kecil juga dibantu dengan kehadiran tren kuliner dari berbagai negara yang disebar melalui media sosial. Tren tersebut membuka peluang lain bagi pengusaha bisnis kuliner untuk bisa melakukan eksplorasi demi meningkatkan potensi diri sebagai pengusaha.

  4. Produk kreatif

    Tidak bisa dipungkiri bahwa produk kerajinan Indonesia memang sudah lama diakui dunia. Oleh karena itu, Anda juga bisa memilih bisnis produk kreatif sebagai pengembangan usaha kecil yang dibutuhkan saat ini. Produk kreatif ini cukup beragam, salah satunya adalah dekorasi interior rumah. Berkat tren desain interior minimalis maupun skandinavia yang masih diminati masyarakat Indonesia saat ini, Anda bisa mencoba untuk mengekplorasi desain sekaligus juga memproduksi kebutuhan rumah tangga yang punya nilai artistik serta estetika menarik. Tentunya dengan mementingkan kualitas material agar tidak mengecewakan konsumen.

Dengan banyaknya peluang usaha kecil, Anda bisa mulai menerapkan pengembangan bisnis berdasarkan minat Anda atau melihat proyeksi yang ada dari tren di mancanegara. Agar proses pengembangan bisnis bisa terealisasi dengan baik, penambahan modal perlu masuk ke dalam rencana utama. Bagi Anda yang tengah membutuhkan modal demi pengembangan bisnis, Anda bisa mengajukan Pembiayaan Modal Kerja bersama CIMB Niaga.

Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga merupakan sebuah fasilitas pembiayaan yang memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek demi membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin. Proses Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga memiliki fleksibilitas dengan menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. 


Proses tersebut juga dilakukan dengan cepat dan mudah serta ditangani oleh relationship manager yang berkompeten di bidangnya. Tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis Anda dan ajukan modal tambahan melalui Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. Info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Commercial Property Financing

Pembiayaan kepada nasabah CIMB Niaga untuk pembelian properti komersial melalui Developer yang telah bekerjasama dengan CIMB Niaga.

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan