www.cimbniaga.co.id production

7 Rekomendasi Wisata Religi di Indonesia dan Luar Negeri

 

 
 
 
 

7 Rekomendasi Wisata Religi di Indonesia dan Luar Negeri

 

Banyak orang yang memiliki impian untuk berkunjung ke destinasi wisata religi yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Bagi umat muslim, wisata religi mungkin jadi salah satu destinasi penting, baik itu terkait iman maupun untuk sekadar berlibur menambah pengalaman. Anjuran mengenai wisata religi pun sebenarnya dijelaskan pula dalam Al-Qur’an surat Al Hajj ayat 46. 

“Tidakkah mereka berjalan di bumi sehingga hati mereka dapat memahami atau telinga mereka dapat mendengar? Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang berada dalam dada.” (Q.S. Al Hajj: 46)

Ayat Al-Qur’an tersebut menjelaskan bahwa umat Muslim dianjurkan untuk bepergian agar dapat membuka hati kita akan kebesaran Allah SWT yang ada di bumi. Itulah mengapa, umat muslim juga diajarkan mengenai tadabur alam sebagai bentuk rasa syukur terhadap kebesaran Allah SWT. 

Tadabur alam merupakan kegiatan di alam bebas yang berguna untuk mensyukuri dan merenungkan betapa besarnya ciptaan Allah yang diberikan kepada makhluknya. Kegiatan ini juga akan membersihkan diri dan jiwa kita dari energi-energi negatif yang bersemayam di hati dan pikiran. Salah satu bentuk dari tadabur alam itu sendiri adalah perjalanan wisata religi ke tempat-tempat yang kental akan peradaban Islam, baik di Indonesia hingga luar negeri. Lantas, apa saja wisata religi terbaik yang bisa Anda kunjungi? Simak rekomendasinya di sini. 

Rekomendasi Wisata Religi di Indonesia dan Dunia

Wisata religi merupakan bentuk pariwisata yang masuk ke dalam bagian wisata budaya. Jadi, dalam pariwisata budaya (cultural tourism) mencakup wisata religi dengan tujuan kegiatannya untuk melakukan ziarah atau urusan keagamaan lainnya. Maka dari itu, banyak umat muslim yang sering menyebut wisata religi sebagai ziarah ke tempat-tempat yang bernilai sejarah Islam. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata religi terbaik yang ada di Indonesia hingga luar negeri:

  1. Masjid Baiturrahman, Aceh

    Masjid Baiturrahman merupakan salah satu wisata religi yang menjadi peninggalan Kerajaan Aceh dengan simbol agama, budaya, dan perjuangan masyarakat Aceh itu sendiri. Kehadiran masjid ini sangat istimewa, apalagi bangunannya tetap bertahan di tengah terjangan tsunami Aceh tahun 2004 silam. Pasca tsunami, masjid ini kembali direnovasi karena mengalami kerusakan yang tidak terlalu parah di beberapa bagian.

    Selain dijadikan tempat ibadah, masjid Baiturrahman sering digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan oleh masyarakat Aceh. Banyak wisatawan yang berkunjung ke masjid ini karena menjadi salah satu ikon yang sangat istimewa di Provinsi Aceh. 

  2. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang

    Anda juga bisa mengunjungi wisata religi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di pusat kota Semarang. Masjid ini memiliki desain bangunan dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa, Islam, dan Romawi. 

    Selain itu, masjid ini juga menyuguhkan daya tarik menara Al Husna atau Al Husna tower yang tingginya sekitar 99 meter. Tak hanya itu, keindahan MAJT juga dilengkapi dengan payung hidrolik raksasa yang mirip seperti di Masjid Nabawi, Madinah. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini sering dijadikan objek wisata terpadu, pusat pendidikan, dan pusat syiar agama Islam. 

  3. Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari Tebuireng

    Wisata religi yang satu ini terletak di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Museum ini menampilkan berbagai informasi dan koleksi yang menggambarkan perkembangan Islam di wilayah Nusantara. Dengan desain bangunan yang berbentuk seperti piramida, museum tersebut dilengkapi dengan monumen At-tauhid yang dihiasi oleh 99 Asmaul Husna. 

    Yang tak kalah istimewa, museum ini juga menyediakan berbagai informasi dan koleksi yang memiliki keterkaitan dengan kiprah para tokoh-tokoh Islam. Wisata religi yang satu ini menghadirkan narasi sejarah tentang eksistensi Islam yang cukup mudah dipahami masyarakat, sehingga bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata bersama keluarga. 

  4. Indonesian Islamic Art Museum

    Indonesian Islamic Art Museum merupakan museum yang menyediakan peninggalan atau sejarah perkembangan Islam di seluruh dunia. Museum yang terletak di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini dibuka pada 28 Desember 2016. 

    Meski baru dibuka, Indonesian Islamic Art Museum menjadi museum yang cukup vital karena memang selama ini belum ada tempat yang menyajikan perkembangan Islam sejak awal dan museum inilah menjadi yang pertama di Indonesia. Yang menariknya lagi, museum ini sudah berbasis teknologi informasi modern Augmented Reality (AR) sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

    Konsep Augmented Reality (AR) sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi yang diproyeksikan ke dalam sebuah lingkungan dan waktu yang nyata. Dengan teknologi tersebut, Anda cukup mengunduh aplikasi AR Indonesian Islamic Art Museum. Selanjutnya, scan berbagai gambar yang ada di museum untuk mendapatkan informasinya 

  5. Hagia Sophia, Turki

    Hagia Sophia termasuk salah satu tempat wisata religi terbaik di dunia yang paling ikonik di Istanbul. Selain megah, Hagia Sophia menyimpan sejarah yang sangat panjang mengenai keberadaan dua agama di Turki. Bahkan, di bagian dalamnya terdapat lukisan Kristus yang berdampingan dengan lafadz Allah SWT dan Muhammad SAW. 

    Tempat wisata ini menyuguhkan kemewahan lain, yaitu interior yang berdekorasi mewah dengan dinding-dinding yang dilapisi mosaik dan pilar marmer yang menjulang tinggi. Ini adalah ciri khas gaya dan kemegahan Bizantium. Saat berwisata ke Hagia Sophia, Anda bisa sekalian mengunjungi Sultan Ahmet atau Mesjid Biru karena berada dalam kawasan yang sama. 

  6. Masjid Koutoubia, Maroko

    Rekomendasi wisata religi selanjutnya terletak di Maroko, tepatnya di kota Marrakech atau Kota Merah. Masjid Koutoubia sudah didirikan sejak tahun 1957 silam dan menjadi salah satu ikon religi Maroko. Masjid ini memiliki tinggi sekitar 77 meter dan menjadi inspirasi sejumlah masjid di Spanyol. 

    Ada cerita unik dari pembangunan masjid ini, ternyata bangunan masjidnya sempat direkonstruksi ulang karena arah kiblatnya keliru. Saat ini Masjid Koutoubia hanya dijadikan tempat wisata, baik lokal maupun mancanegara. 

    Selain Masjid Koutoubia, Anda juga bisa mengunjungi berbagai wisata religi di Maroko, seperti Istana Bahia, Kota Chefchaouen, Jalan Soekarno, Makam Mohamed V, dan lain sebagainya. 

  7. Masjid Al Aqsa, Palestina

    Jika Anda ingin berkunjung untuk menapaki jejak Rasul, maka Masjid Al-Aqsa bisa jadi pilihan yang tepat. Masjid Al-Aqsa menyimpan makna yang mendalam mengenai perkembangan sejarah agama Islam sejak awal hingga kini. Masjid Al-Aqsa sangat istimewa bagi seluruh umat Muslim di dunia karena merupakan kiblat pertama bagi umat Muslim dalam melaksanakan shalat. 

    Keistimewaan lainnya yaitu masjid Al-Aqsa menjadi masjid kedua yang diletakkan Allah SWT di muka bumi, setelah Masjidil haram yang berlokasi di Mekkah. Ciri khas lainnya terlihat dari setiap dinding arsitekturnya menyimpan cerita bagaimana Nabi Muhammad SAW bermalam sebelum berangkat ke langit ke tujuh dalam perjalanan Isra Mi’raj. Bahkan, kisah istimewa ini pun tertuang dalam Al-Qur’an. 

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya ada tempat wisata religi lain yang menyimpan makna istimewa bagi seluruh umat Muslim, di antaranya kota Madinah, Mekkah, Mesir, dan lain sebagainya. Negara-negara tersebut menyuguhkan beragam tempat wisata religi yang megah dengan ciri khasnya masing-masing. 

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi tempat wisata religi, Anda bisa menabung menggunakan GOAL Savers iB dari CIMB Niaga Syariah. Dengan menabung melalui GOAL Savers iB, Anda bisa dengan mudah mengatur kebutuhan menabung untuk berlibur ke tempat wisata religi sesuai keinginan dalam jangka waktu harian, mingguan, serta bulanan. 

Dengan menabung melalui GOAL Savers iB, Anda juga berkesempatan untuk bisa mendapatkan hadiah wakaf Al-Quran, pembangunan masjid dan mushola, dana perguruan tinggi untuk dhuafa, tanah pesantren, sarana air bersih, hingga tempat tidur pasien.Tingkatkan selalu frekuensi tabungan GOAL Savers iB untuk mendapatkan hadiah wakaf dari CIMB Niaga Syariah. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

GOAL Savers-iB

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

X-Tra Dana iB: Solusi berbagai kebutuhan melalui personal financing syariah

CIMB Niaga Xtra Dana iB Solusi untuk berbagai kebutuhan anda, kami hadir melalui personal financing syariah yang merupakan pembiayaan tanpa jaminan yang digunakan untuk keperluan pembelian Barang menggunakan akad murabahah (Jual beli) ataupun keperluan pembelian paket jasa menggunakan akad Ijarah Multijasa melalui mitra terpercaya kami.

Investasi Haji Muda

Untuk nasabah CIMB NIAGA Syariah yang memberikan kemudahan untuk mewujudkan rencana ibadah Haji Anda. Dengan memanfaatkan masa tunggu keberangkatan Haji, Anda dapat memanfaatkan waktu dengan menyiapkan finansial lebih fleksibel.