www.cimbniaga.co.id production

5 Jenis Strategi Digital Marketing yang Efektif

 

“Strategi digital marketing menjadi salah satu kebutuhan untuk bisa menghadapi persaingan bisnis di tengah perkembangan teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini. Dengan berbagai platform yang tersedia, perusahaan memiliki peluang tak terbatas untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target audiens.

Digital marketing merupakan proses pemasaran produk atau layanan melalui media digital, seperti internet, media sosial, dan email. Ada banyak pilihan strategi digital marketing gratis maupun berbayar dengan tujuan dan pendekatan yang berbeda-beda untuk mempromosikan bisnis Anda. 

Meskipun ada beberapa strategi digital marketing yang membutuhkan biaya, namun biayanya sepadan dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Untuk kemudahan pembayaran tagihan jika menggunakan strategi yang berbayar, Anda bisa menggunakan aplikasi OCTO Mobile dari CIMB Niaga yang punya berbagai fitur perbankan digital.

Apa Itu Strategi Digital Marketing?

Dalam bisnis, strategi digital marketing adalah bentuk perencanaan untuk memanfaatkan berbagai saluran digital guna mencapai tujuan bisnis. Strategi ini bisa menggunakan metode gratis maupun berbayar, tergantung pada tujuan dan anggaran bisnis yang tersedia.

Strategi digital marketing berbayar memungkinkan bisnis Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens dengan lebih cepat, namun membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Sementara strategi digital marketing gratis tidak membutuhkan biaya, namun akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membuahkan hasil.

Jika memiliki anggaran terbatas, Anda bisa memulai dengan strategi digital marketing gratis. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda perlu berinvestasi di strategi digital marketing yang berbayar.

Baca juga: Kembangkan Bisnis Jasa Digital Marketing dengan Cara Ini

5 Jenis Strategi Digital Marketing

Jenis strategi digital marketing - CIMB Niaga

Ada banyak sekali strategi digital marketing yang dapat Anda gunakan. Namun, berikut beberapa strategi yang umum digunakan untuk mengembangkan bisnis di era digital:

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Strategi digital marketing pertama yang menjadi pilihan untuk memperkenalkan suatu bisnis yaitu search engine optimization (SEO). Ini merupakan sebuah strategi digital marketing untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari secara organik.

    Dengan menggunakan strategi yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan konten situs web agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan saat mencari produk atau layanan yang relevan dengan bisnis Anda.

    SEO dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membuat konten yang berkualitas, menggunakan kata kunci yang relevan, dan membangun backlink atau tautan eksternal yang berasal dari website domain pihak ketiga.

  3. Search Engine Marketing (SEM)
  4. Selain SEO, SEM menjadi cara ampuh untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web Anda. Strategi digital marketing yang satu ini melibatkan penggunaan iklan berbayar untuk muncul di hasil mesin pencari. 

    Ketika Anda beriklan di mesin pencari, iklan Anda akan muncul di bagian atas halaman hasil pencarian, tepatnya di atas hasil pencarian organik. Jika menggunakan strategi digital marketing ini, Anda harus membayar setiap kali seseorang mengklik iklan yang Anda buat.

  5. Social Media Marketing
  6. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna social media, maka itu bisa menjadi peluang untuk mendapatkan audiens lebih luas lagi. Social media marketing merupakan bentuk promosi menggunakan media sosial.

    Social media marketing termasuk dalam strategi digital marketing yang efektif untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan dan meningkatkan brand awareness.

  7. Email Marketing
  8. Pernahkan Anda mendapatkan notifikasi email yang berisikan promosi produk atau layanan tertentu? Itulah yang dimaksud dengan email marketing, di mana strategi ini bertujuan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan memberikan konten informatif.

    Email marketing cukup efektif untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dan mendorongnya untuk membeli produk atau layanan Anda.

  9. Content Marketing
  10. Content marketing merupakan strategi yang berfokus pada pembuatan konten berupa tulisan, video, infografis, dan konten berkualitas lainnya untuk menarik perhatian dan mempertahankan audiens.

    Konten yang relevan dan bermanfaat dapat membantu Anda membangun brand awareness sekaligus meningkatkan organic traffic ke situs web perusahaan yang Anda miliki.

Baca juga: Apa Itu Manajemen Keuangan? Ini Fungsinya dalam Bisnis

Tips Mengembangkan Strategi Digital Marketing yang Efektif

Tips mengembangkan strategi digital marketing - CIMB Niaga

Berikut adalah beberapa tips mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk bisnis Anda:

  1. Menentukan tujuan dan sasaran
  2. Untuk mengembangkan strategi digital marketing yang efektif, Anda perlu memahami apa sebenarnya tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis Anda.

    Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau sekadar membangun hubungan dengan pelanggan? Setelah mengetahui tujuannya, Anda dapat mulai menyusun strategi yang sesuai.

  3. Menentukan target audiens dengan jelas
  4. Target audiens adalah orang-orang yang mungkin tertarik dengan konten yang Anda buat. Menentukan siapa target audiens Anda dapat membuat strategi digital marketing berjalan lebih efektif dan efisien.

    Ketika mengetahui siapa target audiens Anda dan apa yang menjadi kebutuhannya, Anda dapat membuat konten yang lebih relevan dan menarik. Dengan begitu, konten Anda memiliki kemungkinan untuk diklik, dibaca, dan dibagikan.

  5. Memilih platform yang sesuai
  6. Ada banyak platform digital marketing yang bisa dipilih. Hanya saja, tidak semua platform cocok digunakan untuk mengembangkan bisnis. 

    Pilih platform yang paling banyak digunakan oleh target audiens Anda dan yang paling sesuai dengan tujuan bisnis.

  7. Menentukan anggaran pemasaran
  8. Penting untuk memastikan bahwa strategi digital marketing yang Anda rencanakan sudah sesuai dengan tujuan keuangan perusahaan Anda secara keseluruhan.

    Anda bisa coba menetapkan anggaran yang realistis, sehingga Anda bisa memperkirakan berapa banyak yang dapat Anda investasikan dalam berbagai kampanye digital.

  9. Membuat konten yang berkualitas
  10. Konten menjadi salah satu faktor terpenting untuk melancarkan strategi digital marketing. Konten yang berkualitas adalah kunci untuk menarik perhatian target audiens. 

    Buatlah konten yang memberikan informasi bermanfaat, menarik perhatian audiens, dan sesuai dengan minat mereka. Pastikan juga konten Anda telah dioptimalkan untuk mesin pencari agar dapat ditemukan oleh orang-orang yang mencari informasi tentang produk atau layanan Anda.

  11. Mempromosikan konten yang telah dibuat
  12. Setelah membuat konten yang berkualitas, Anda perlu mempromosikannya agar dapat dilihat oleh target pasar. Anda dapat mempromosikan konten melalui berbagai platform digital marketing agar menjangkau audiens lebih luas.

    Ada berbagai cara untuk mempromosikan konten digital, salah satunya melalui media sosial. Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur, seperti hashtag dan live streaming, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

  13. Melakukan monitoring
  14. Memantau strategi digital marketing yang sedang berjalan akan membantu Anda mengetahui strategi apa yang berhasil dan apa yang masih perlu dikembangkan. 

    Hasil kampanye digital tersebut nantinya dapat digunakan untuk merencanakan strategi yang lebih sesuai dengan perubahan tren dan kebutuhan audiens.

Dengan memadukan beberapa jenis strategi digital marketing yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mulai menciptakan online campaign untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Baik strategi yang gratis maupun berbayar bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis. Jika memilih strategi yang berbayar, pastikan bisnis Anda memiliki kemampuan membayar tepat waktu. Untuk kemudahan pembayaran tagihan strategi digital marketing berbayar atau tagihan lainnya, Anda bisa menggunakan OCTO Mobile dari CIMB Niaga.

OCTO Mobile merupakan aplikasi mobile banking CIMB Niaga yang punya banyak fitur canggih dan menarik untuk memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan dengan praktis.

Selain membayar tagihan, OCTO Mobile juga bisa digunakan untuk transaksi dengan QR di merchant berlogo QRIS, top up ke banyak e-wallet, transfer ke bank lain tanpa biaya sebanyak 20 kali per bulan, transaksi tarik tunai tanpa kartu, hingga bermain game di ‘Play with OCTO’.

Fitur canggih OCTO Mobile bisa dinikmati oleh nasabah pemegang tabungan, pemegang kartu kredit, dan pemegang kartu debit CIMB Niaga. Temukan keuntungan menarik lainnya di halaman ini.