production

Seperti Ini Cara Menggunakan Kartu Kredit

Seperti Ini Cara Menggunakan Kartu Kredit

 

 

Seringkali para pegawai yang baru saja mendapatkan kartu kredit pertamanya justru khawatir mengenai bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang baik. Antara senang dan juga gelisah, kartu kredit dapat membantu memenuhi kebutuhan dan mengatur keuangan. Namun juga bukan menjadi rahasia jika kartu kredit dapat mendorong pada pola konsumsi berlebihan yang membuat kita terjerat hutang yang tidak ada habisnya. Godaan untuk berbelanja barang-barang idaman menjadi terasa jauh lebih mudah setelah Anda memiliki kartu kredit. Sampai akhirnya pusing melanda ketika tagihan sudah sampai ke tangan kita.

Apakah tidak memiliki kartu kredit selalu menjadi pilihan yang lebih baik? Nyatanya belum tentu juga. Kebanyakan dari pengguna hanya terlalu abai akan fasilitas dan kewajiban yang didapatkan ketika memiliki kartu kredit sehingga menggunakannya secara berlebihan. Yang dibutuhkan adalah pengetahuan mengenai cara menggunakan kartu kredit yang baik agar kita dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk menunjang kebutuhan hidup kita. Berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara menggunakan kartu kredit yang baik agar tidak menjadi beban finansial berlebih bagi Anda.

1. Memilih Produk yang Tepat

Untuk memahami cara menggunakan kartu kredit yang baik, Anda perlu memahami produk yang Anda gunakan sebelum sampai ke tangan Anda. Saat ini tersedia berbagai macam pilihan produk kartu kredit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Beberapa bank bahkan sudah menawarkan pilihan kartu kredit syariah bagi Anda yang ingin menerapkan cara menggunakan kartu kredit sesuai dengan ketentuan agama. Beberapa produk menawarkan kemudahan dan fasilitas bagi orang-orang yang sering bepergian. Produk ini biasanya memberikan kemudahan melakukan reservasi hotel, tiket pesawat, hingga ruang tunggu bandara. Tak jarang didukung dengan poin yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan fasilitas gratis atau diskon kedepannya. Sementara produk lain dapat menawarkan kemudahan berbelanja di merchant-merchant kerjasama yang memberikan beragam diskon bagi produk dan jasa di tempat tertentu. Bagi Anda yang rutin menjalani perawatan di salon, atau pergi ke pusat kebugaran, Anda tentunya dapat memilih produk yang sesuai agar cara menggunakan kartu kredit dapat disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan rutin.

Memilih produk yang tepat tidak hanya akan membantu Anda fokus mengalokasikan penggunaan untuk menghindari penggunaan berlebih, namun juga dapat memberikan manfaat ekstra melalui reward. Hindari menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang dirasa sebagai keinginan sesaat dan Anda belum yakin benar-benar membutuhkannya.

2. Perhatikan Biaya dan Fasilitas

Setelah Anda merasa memiliki preferensi atas produk kartu kredit tertentu. Langkah selanjutnya untuk membantu mempelajari cara menggunakan kartu kredit yang baik adalah dengan memperhatikan biaya-biaya yang mungkin dibebankan kepada Anda. Beda produk kartu kredit tentunya membebankan biaya yang berbeda atas kesediaan penggunaan Anda. Beberapa produk mengharuskan Anda membayar biaya admin tahunan. Biaya tahunan tersebut dapat memiliki range yang jauh berbeda tergantung fasilitas dan limit yang didapatkan. Sementara produk lain dapat menawarkan penggratisan biaya tahunan bagi kepemilikan kartu kredit pertama. 

Selain biaya tahunan, hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam cara menggunakan kartu kredit adalah besarnya bunga yang dikenakan. Pastikan Anda memahami dengan baik biaya-biaya tersebut agar nantinya tidak kaget ketika tagihan dirasa berlebih dikarenakan adanya bunga dan biaya tahunan yang muncul. Anda juga perlu memperhatikan limit yang diberikan penyedia kartu kredit. Jangan sampai limit kartu kredit yang Anda miliki lebih besar dari pendapatan bulanan yang Anda miliki. Untuk kepemilikan kartu kredit pertama biasanya bank akan menentukan limit berdasarkan penghitungan atas penilaian profil Anda. Manfaatkan limit tersebut sebaik-baiknya dan jangan mudah tergoda untuk menaikkan limit atau menambah kartu sebelum Anda mempertimbangkannya dengan matang.

3. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Menggunakan kartu kredit tidak lain adalah melakukan pinjaman kepada bank. Cepat atau lambat Anda harus melunasi pinjaman yang Anda lakukan. Oleh karenanya salah satu hal yang paling penting diperhatikan dalam cara menggunakan kartu kredit yang baik adalah membayar tagihan tepat pada waktunya. Tagihan yang belum dibayar lewat waktu tenggat akan dikenakan biaya admin. Semakin Anda mengabaikannya, tagihan akan dengan cepat menumpuk menjadikannya beban utang. Maka dari itu, perlu diperhatikan apakah Anda mampu membayar tagihan yang akan datang kedepannya sebelum menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.

Untuk membantu cara menggunakan kartu kredit yang baik, biasanya bank telah memberikan fasilitas cicilan untuk membantu memecah tagihan yang besar agar dapat dicicil selama periode tertentu. Anda dapat memaksimalkan fitur cicilan ini untuk memastikan tagihan yang datang sesuai dengan kemampuan membayar Anda. 

4. Membayar Tagihan Secara Penuh

Selain perlu memperhatikan tenggat waktu tagihan, cara menggunakan kartu kredit dengan baik yang lain adalah dengan membayar tagihan secara penuh. Hal ini karena selain adanya biaya keterlambatan, bank juga menerapkan bunga pada tagihan yang tidak dibayarkan penuh pada bulan sebelumnya. 

Secara umum memang sebagian besar produk kartu kredit hanya mengharuskan Anda membayar minimal 10 persen dari total tagihan setiap bulannya. Namun dengan membayar jumlah tagihan tersebut terlalu kecil, bunga yang dikenakan akan terasa cukup besar pada bulan selanjutnya karena tagihan masih banyak. Oleh karena itu cara menggunakan kartu kredit yang baik adalah mengatur besarnya pembayaran tagihan. Mengabaikan faktor ini akan secara cepat mengubah manfaat yang diberikan kartu kredit sebagai beban. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat mengubah tagihan ke dalam sistem cicilan jika pembelanjaan memiliki nominal lebih besar dari Rp 500.000.

5. Hindari Menarik Uang

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam cara menggunakan kartu kredit yang baik adalah menghindari menarik uang menggunakan kartu kredit. Pahami bahwa kartu kredit adalah alat untuk memudahkan Anda berbelanja. Oleh karena itu lebih baik menarik uang tunai dari tabungan karena bank membebankan biaya yang cukup besar bila Anda menarik uang tunai dari kartu kredit.

6. Maksimalkan Satu Kartu

Bank memperbolehkan Anda memiliki lebih dari satu kartu untuk memfasilitasi berbagai macam kebutuhan. Untuk memastikan cara menggunakan kartu kredit Anda sudah dilakukan dengan baik, pastikan untuk memanfaatkan kartu pertama yang Anda miliki semaksimal mungkin. Jangan ragu untuk meminta kenaikan limit jika Anda merasa kebutuhan semakin bertambah. Hindari menambahkan kartu sampai benar-benar diperlukan karena Anda dikenakan biaya tambahan untuk kepemilikan kartu selanjutnya. Selain itu biaya-biaya lain juga akan dibebankan dua kali karena Anda memiliki dua produk kartu yang berbeda. 

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memperhatikan bank mana yang memberikan produk yang sesuai kebutuhan dan kemudahan memaksimalkan kartu. CIMB Niaga akan membantu memastikan cara menggunakan kartu kredit Anda semaksimal mungkin dengan berbagai pilihan produk mulai dari kartu kredit syariah hingga kartu kredit gold yang bebas dari biaya tahunan seumur hidup. Klik Kartu Kredit untuk mempelajari produk-produk kartu kredit CIMB Niaga lebih lanjut.