www.cimbniaga.co.id production

Apa Itu SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan? Ini Manfaatnya

 

"Layanan BPJS Ketenagakerjaan saat ini mudah diakses mudah melalui SIPP online. Anda bisa cek saldo, memperbarui data pekerja, hingga mengajukan klaim dengan platform digital ini."

Sistem Informasi Penyelenggaraan Program atau SIPP online BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah inovasi dalam memberikan kemudahan akses dan manfaat bagi peserta dan pihak terkait dalam mengelola jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia. 

Melalui SIPP online, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengakses informasi terkait hak sebagai pekerja dengan lebih transparan. BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan program perlindungan sosial yang penting bagi para pekerja di Indonesia. 

Apa sebenarnya SIPP online BPJS Ketenagakerjaan itu dan bagaimana cara mendaftar? Sebelum mengetahui lebih lanjut, pastikan Anda rutin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk menghindari status penangguhan.

Saat ini pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan sudah bisa dilakukan secara online, salah satunya melalui OCTO Clicks CIMB Niaga yang hanya membutuhkan beberapa klik. Nah, sekarang mari simak informasi lengkap terkait SIPP online BPJS Ketenagakerjaan.

Apa Itu SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan?

SIPP online BPJS Ketenagakerjaan adalah suatu platform daring yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial untuk memberikan kemudahan akses kepada perusahaan. Layanan SIPP online Ini membantu mempermudah administrasi dan pembayaran iuran bagi para pekerja.

Sebagai bagian dari layanan BPJS Ketenagakerjaan, SIPP online hadir dengan tujuan untuk mengoptimalkan proses administrasi, pengajuan klaim, dan informasi terkait jaminan sosial yang diberikan kepada peserta.

Adanya layanan SIPP online saat ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengelola pembayaran iuran jaminan sosial pekerja, seperti jaminan pensiun, jaminan hari tua, jaminan kematian, dan lainnya secara online.

Fitur dan Manfaat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP online menyediakan akses mudah ke informasi terkait status kepesertaan, iuran, saldo akun, dan klaim. Anda dapat dengan cepat memeriksa informasi terbaru dan menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian data.

Melansir dari laman resmi SIPP BPJS Ketenagakerjaan, layanan SIPP online memiliki sejumlah fitur dan manfaat sebagai berikut:

  1. Kemudahan mengakses informasi
  2. SIPP online BPJS Ketenagakerjaan memungkinkan Anda untuk mengakses informasi dan layanan jaminan sosial secara online, kapan saja dan di mana saja dengan koneksi internet dan perangkat elektronik yang memadai. 

    Anda dapat dengan mudah memeriksa saldo dan riwayat transaksi rekening mereka, mengajukan klaim terkait kecelakaan kerja atau penyakit yang berkaitan dengan pekerjaan, serta memperoleh informasi terbaru seputar program-program dan kebijakan yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

    Selain itu, Anda bahkan bisa melakukan proses administratif tanpa harus datang ke kantor BPJS. Hal ini sangat mempermudah Anda yang mungkin memiliki keterbatasan waktu atau mobilitas.

  3. Pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan
  4. Melalui SIPP online, proses pendaftaran sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan lebih praktis. Anda dapat mengisi formulir, mengunggah dokumen yang diperlukan, dan melacak status pendaftaran tanpa harus mengunjungi kantor BPJS.

  5. Pembayaran iuran online
  6. Saat ini Anda dapat membayar iuran melalui SIPP online. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi antre di kantor pembayaran atau bank dan memastikan pembayaran tepat waktu.

  7. Proses pengajuan klaim manfaat
  8. Salah satu fitur yang akan Anda temukan dalam layanan SIPP online adalah pengajuan klaim manfaat jaminan sosial secara online. Anda dapat mengajukan klaim dengan mengisi formulir dan mengunggah dokumen pendukung. Hal ini mempercepat proses klaim dan mengefisienkan waktu.

  9. Pelaporan kecelakaan dan pengunduran diri
  10. SIPP online memungkinkan perusahaan untuk melaporkan kecelakaan kerja dan pengunduran diri peserta dengan cepat. Hal ini membantu mempercepat proses klaim atau penggantian manfaat yang dibutuhkan.

  11. Pembaruan data pekerja
  12. Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar dan pemberi kerja dapat melakukan update informasi pekerja, seperti perubahan gaji, status pekerjaan, dan lainnya melalui SIPP online.

Dengan fitur di atas, Anda akan lebih menghemat waktu, biaya, dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Cara Pendaftaran SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Untuk menggunakan SIPP online BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Setelah mendaftar, perusahaan akan mendapatkan akun dan password untuk login ke sistem SIPP online BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mendaftar SIPP online BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Kunjungi situs resmi SIPP online melalui link https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/ 
  2. Klik tombol “Buat Akun Baru” untuk bisa mengakses seluruh fitur SIPP online dari BPJS Ketenagakerjaan
  3. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi Data Perusahaan dan Identitas Pengguna dengan memasukkan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi Anda. Jika NPP yang Anda masukkan terdaftar, maka secara otomatis nama perusahaan akan terisi
  4. Layar akan menampilkan menampilkan field Data User Login, di mana Anda harus mengisi alamat email dan membuat password
  5. Setelah itu, Anda perlu memberikan informasi Nomor Peserta (KPJ), nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor handphone yang aktif. Klik tombol “Daftar” untuk lanjut ke tahap berikutnya
  6. Pada tahap ini, Anda harus melakukan verifikasi nomor handphone dengan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor Anda. Apabila OTP yang dimasukkan sesuai, maka akan muncul notifikasi berhasil
  7. Setelah itu, SIPP online akan mengirimkan link direct melalui email untuk aktivasi akun Anda
  8. Login dengan memasukkan alamat email dan password sesuai dengan yang didaftarkan sebelumnya untuk mengakses semua fitur yang ada di SIPP online BPJS Kesehatan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengakses berbagai fitur BPJS Ketenagakerjaan secara online dengan mudah dan efisien.

Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan OCTO Clicks

Salah satu fitur dari SIPP online adalah kemudahan dalam membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan. Agar semakin praktis, Anda bisa memilih metode pembayaran menggunakan OCTO Clicks dari CIMB Niaga.

OCTO Clicks merupakan internet banking yang memiliki berbagai fitur menarik, salah satunya pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan langkah seperti berikut:

  1. Masuk ke akun OCTO Clicks dengan user ID dan password yang telah terdaftar
  2. Pilih menu “Bayar Tagihan” dan pilih “Asuransi” pada kolom jenis pembayaran
  3. Selanjutnya, pada kolom Nama Tagihan pilih kategori BPJS Ketenagakerjaan – Individu
  4. Masukkan NIK Anda atau orang yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, kemudian klik lanjut
  5. Masukkan jumlah periode iuran yang ingin dibayarkan, lalu klik lanjut
  6. Layar akan menampilkan rincian biaya yang harus Anda bayarkan. Periksa informasi tersebut dengan seksama
  7. Jika nominal yang tertera sudah sesuai, masukkan PIN dan klik “Kirim” untuk menyelesaikan pembayaran. Jangan lupa screenshot bukti pembayaran iuran BPJS Anda.

Selain membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, OCTO Clicks juga bisa digunakan untuk bayar tagihan, hingga pembukaan deposito dan reksa dana. Dengan hanya beberapa kali klik, Anda bisa mengakses layanan perbankan tanpa batas.

Tunggu apalagi? Ayo bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan dan tagihan lainnya dengan OCTO Clicks. Anda juga bisa membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui jaringan ATM CIMB Niaga yang tersebar di seluruh Indonesia. Kunjungi halaman ini untuk informasi lebih lanjut.